Connect with us

Hi, what are you looking for?

Bisnis

Apa Itu Bisnis Agraris Dan Contohnya

apa itu bisnis agraris dan contohnya
apa itu bisnis agraris dan contohnya

Apa Itu Bisnis Agraris Dan Contohnya

Bisnis agraris merupakan jenis bisnis yang bergerak di sektor pertanian atau agrikultur. Bisnis ini melibatkan produksi, pengolahan, dan pemasaran produk-produk pertanian. Bisnis agraris memegang peran penting dalam perekonomian Indonesia karena sebagian besar masyarakat Indonesia masih mengandalkan pertanian sebagai mata pencaharian utama. Berikut adalah beberapa contoh bisnis agraris yang populer di Indonesia:

  1. Pertanian Pertanian adalah bisnis agraris yang melibatkan produksi tanaman pangan, sayuran, buah-buahan, dan tanaman obat-obatan. Contoh bisnis pertanian yang populer di Indonesia adalah budidaya padi, jagung, kentang, sayuran, dan buah-buahan.
  2. Perikanan Perikanan adalah bisnis agraris yang melibatkan produksi ikan, udang, kepiting, dan kerang. Bisnis perikanan dapat dilakukan secara budidaya atau melalui penangkapan ikan di laut atau sungai. Contoh bisnis perikanan yang populer di Indonesia adalah budidaya ikan lele, ikan nila, dan udang vaname.
  3. Peternakan Peternakan adalah bisnis agraris yang melibatkan produksi hewan ternak seperti sapi, kambing, domba, dan ayam. Bisnis peternakan dapat dilakukan untuk produksi daging, susu, telur, atau bahan mentah lainnya. Contoh bisnis peternakan yang populer di Indonesia adalah peternakan sapi, peternakan ayam, dan peternakan kambing.
  4. Perkebunan Perkebunan adalah bisnis agraris yang melibatkan produksi tanaman perkebunan seperti kopi, teh, kelapa sawit, karet, dan cokelat. Bisnis perkebunan dapat dilakukan secara besar-besaran atau melalui petani kecil. Contoh bisnis perkebunan yang populer di Indonesia adalah perkebunan kopi, kelapa sawit, dan teh.
  5. Hortikultura Hortikultura adalah bisnis agraris yang melibatkan produksi tanaman hias, tanaman bunga, dan tanaman obat. Bisnis hortikultura dapat dilakukan melalui produksi bibit atau tanaman dewasa. Contoh bisnis hortikultura yang populer di Indonesia adalah budidaya tanaman bunga dan tanaman hias.

Bisnis agraris dapat memberikan peluang yang baik bagi pengusaha untuk mengembangkan bisnisnya dan memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat.

Baca juga : Apa Itu Bisnis Ekstraktif Dan Contohnya

Namun, bisnis agraris juga memiliki tantangan seperti cuaca yang tidak menentu, harga produk yang fluktuatif, dan biaya produksi yang tinggi. Oleh karena itu, pemilik bisnis harus memperhatikan faktor-faktor tersebut dan melakukan perencanaan yang matang dalam mengembangkan bisnis agraris. Selamat mencoba!

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Apa Saja 4 nilai Kegunaan Dari Bisnis - Media Bogor Pusat Informasi Bogor Terupdate

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Advertisement

You May Also Like

Olahraga

Manchester United berhasil meraih kemenangan atas Nottingham Forest di pertandingan leg kedua semifinal Piala Liga Inggris 2022/23, Kamis (2/2) dini hari WIB. Bermain di...

Wisata

Jakarta– Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) menunggu tanggapan dari PT Taman Wisata Candi Borobudur atau TWCB terkait penetapan harga tiket...

Politik

Jakarta – Kepolisian Norwegia secara resmi telah melarang aksi protes pembakaran Alquran. Rencananya sejumlah pengunjuk rasa akan membakar salinan Alquran di luar kedutaan Turki...

Bisnis

Jakarta – Pemerintah akan meningkatkan persentase campuran Bahan Bakar Nabati (BBN) ke dalam Bahan Bakar Minyak (BBM) Solar dari 30% (B30) menjadi 35% (B35)....

Copyright © 2023 Media Bogor | Informasi Terkini Seputar Kota Bogor Terpercaya