Connect with us

Hi, what are you looking for?

Olahraga

Istilah Unik Di Dalam Olahraga Panjat Tebing

Istilah Unik Di Dalam Olahraga Panjat Tebing
Istilah Unik Di Dalam Olahraga Panjat Tebing

Istilah-istilah unik dalam olahraga panjat tebing sering kali menjadi topik yang menarik untuk dibahas. Selain memiliki arti dan pengertian yang khusus dalam konteks olahraga ini, istilah-istilah tersebut juga seringkali digunakan dalam percakapan sehari-hari para pecinta panjat tebing.

Baca juga : Atlet-Atlet Catur Internasional

Oleh karena itu, pada artikel kali ini, kita akan membahas beberapa istilah unik dalam olahraga panjat tebing yang perlu diketahui.

  1. “Beta” Beta merujuk pada informasi yang diberikan kepada seorang pendaki sebelum mereka mencoba rute panjat tebing tertentu. Informasi ini dapat berupa teknik, strategi, atau trik yang dapat membantu pendaki untuk menyelesaikan rute dengan lebih efisien. Pada umumnya, informasi beta ini diberikan oleh pendaki lain yang sudah mencoba rute tersebut sebelumnya.
  2. “Crux” Crux adalah bagian dari rute panjat tebing yang paling sulit dan menantang. Biasanya, crux diidentifikasi sebagai bagian dari rute yang mengharuskan pendaki menggunakan teknik atau kemampuan khusus untuk melewati rute tersebut. Crux seringkali menjadi titik kunci dalam menyelesaikan rute panjat tebing.
  3. “Flash” Flash merujuk pada pencapaian pendaki dalam menyelesaikan rute panjat tebing pada percobaan pertama mereka tanpa adanya beta sebelumnya. Flash dianggap sebagai prestasi yang sangat dihormati dalam olahraga panjat tebing.
  4. “On-sight” On-sight adalah pencapaian pendaki dalam menyelesaikan rute panjat tebing pada percobaan pertama mereka tanpa adanya beta sebelumnya dan tanpa melihat pendaki lain mencoba rute tersebut. On-sight dianggap sebagai pencapaian yang lebih tinggi daripada flash.
  5. “Redpoint” Redpoint merujuk pada pencapaian pendaki dalam menyelesaikan rute panjat tebing setelah mencoba rute tersebut beberapa kali sebelumnya. Pada setiap percobaan, pendaki mencatat kesalahan dan membuat perbaikan untuk mencapai tujuan akhir. Redpoint dianggap sebagai pencapaian yang sangat memuaskan dalam olahraga panjat tebing.
  6. “Dyno” Dyno adalah teknik yang digunakan oleh pendaki untuk melewati bagian yang sulit dari rute panjat tebing dengan melakukan lompatan yang eksplosif. Teknik ini memerlukan kecepatan, keberanian, dan akurasi yang tinggi.
  7. “Mantle” Mantle adalah teknik yang digunakan oleh pendaki untuk menempatkan tubuh mereka pada platform yang datar dan stabil. Teknik ini sering digunakan pada akhir rute panjat tebing ketika pendaki harus menempatkan kaki atau tangan mereka pada platform yang stabil sebelum bergerak ke atas.

Itulah beberapa istilah unik dalam olahraga panjat tebing yang perlu diketahui.

Dengan memahami istilah-istilah ini, pendaki dapat berbicara dengan lebih lanc

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Advertisement

You May Also Like

Olahraga

Manchester United berhasil meraih kemenangan atas Nottingham Forest di pertandingan leg kedua semifinal Piala Liga Inggris 2022/23, Kamis (2/2) dini hari WIB. Bermain di...

Wisata

Jakarta– Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) menunggu tanggapan dari PT Taman Wisata Candi Borobudur atau TWCB terkait penetapan harga tiket...

Politik

Jakarta – Kepolisian Norwegia secara resmi telah melarang aksi protes pembakaran Alquran. Rencananya sejumlah pengunjuk rasa akan membakar salinan Alquran di luar kedutaan Turki...

Bisnis

Jakarta – Pemerintah akan meningkatkan persentase campuran Bahan Bakar Nabati (BBN) ke dalam Bahan Bakar Minyak (BBM) Solar dari 30% (B30) menjadi 35% (B35)....

Copyright © 2023 Media Bogor | Informasi Terkini Seputar Kota Bogor Terpercaya